Ramadhan dari Ambon...

"Syarafudin Pattisahusiwa, warga BTNI Kanawa, Air Kuning, Batumerah, mengaku sangat bersyukur bisa memasuki bulan Ramadhan tahun ini. Sejuknya cuaca juga sangat membantu dirinya dan warga muslim dalam menjalankan ibadah puasa. "Semua terasa ringan," katanya.

Baginya, Ramadhan kali ini memiliki nilai tersendiri dibenak hatinya. Ia juga merasakan ruang gerak warga kota Ambon tidak terbatasi lagi berdasar komunitas. Warga Muslim sudah bebas masuk daerah Kristen, demikian sebaliknya. Memang hunian warga berdasarkan komunitas belum bisa dihilangkan dari warga Ambon. Saat ini antara komunitas Muslim dan Kristen masih terpisah tempat tinggalnya."

artikel penuh boleh diperoleh dari sini

Sultan Muhammad Al-Fatih
Sang Pembuka Istanbul

"
Sultan Muhammad Al-Fatih pun melancarkan serangan besar-besaran ke benteng Bizantium di sana. Takbir "Allahu Akbar, Allahu Akbar!" terus membahana di angkasa Konstantinopel. Pada 27 Mei 1453, Sultan Muhammad Al-Fatih bersama tentaranya berusaha keras membersihkan diri di hadapan Allah SWT. Mereka memperbanyak shalat, doa, dan zikir.

Hingga tepat jam 1 pagi hari Selasa 20 Jamadil Awal 857 H atau bertepatan dengan tanggal 29 Mei 1453, serangan utama dilancarkan. Para mujahidin diperintahkan supaya meninggikan suara takbir kalimah tauhid sambil menyerang kota. Tentera Usmaniyah akhirnya berhasil menembus kota Konstantinopel melalui Pintu Edirne dan mereka mengibarkan bendera Daulah Usmaniyah di puncak kota. Kesungguhan dan semangat juang yang tinggi di kalangan tentara Al-Fatih, akhirnya berjaya mengantarkan cita-cita mereka."

artikel penuh di sini

Comments

Popular posts from this blog

Panduan Bas Ekspres Kuala Lumpur (TBS) - Skudai

Cara Renew Passport Pembantu Rumah di Kedutaan Indonesia 2015